BAHASA PEMROGRAMAN dan ALGORITMA


Defenisi Bahasa Pemrograman 

     Bahasa Pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Basaha Perograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan simantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Sintak merupakan Aturan Penulisan bahasa pemrograman sedangkan Semantik adalah maksud yang terkandung dalam statment. kebeneran logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan
statment.Bahasa pemrograman terdiri dari bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah.  Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia contohnya C,C++, Pascal, BASIC, Java dll. sedangkan bahasa tingkat rendah adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa mesin. (kode biner 0 dan 1 ) yaitu bahasa mesin dan bahasa rakitan.

Paradigma Pemrograman 
     Paradigma dapat diartikan sudut pandang atau sudut serang dalam suatu persoalan, realitas dsb. Begitu pula dalam pemrograman, ada pendekatan-pendekatan untuk menyelesaikan suatu persoalan yang disebut dengan paradigma pemrograman.
Jenis Paradigma Pemrograman :
1. Pemrograman Prosedural ( Terstruktur )
    Pemrograman Prosedural ( Terstruktur ) adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam dalam bentuk program. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah jika suatu Proses telah sampai pada suatu titik atau langkah tertentu, maka proses selanjunya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya atau kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah - langkah untuk proses berulang.
2. Pemrograman Berbasis Objek 
   Pemrograman Berbasis Objek merupakan paradigma pemrograman yang berorientasi pada objek. semua data dan fungsi didalam paradigma ini dibungkus dalam kelas - kelas atau objek - objek.

Pembagian Target Program 
1. Pemrograman Desktop
2. Pemrograman Web
3. Pemrograman Mobile

 Siklus Hidup Perangkat Lunak   ( Waterfall Model )


dilihat dari siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian Code / Implementasi  karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrograman melakukan proses coding (Pembuatan program ). 




Defenisi Alguritma 

       Algoritma adalah cara menyelesaikan suatu proses yang terdiri atas langkah - langkah yang terdefinisi dengan baik, bisa dihitung (computable ) atau bisa diukur (measurable) ,menerima input dan menghasilkan output.

 Syarat Algoritma -> Correctness
     Syarat algortima dikatakan BENAR (correct ) jika algoritma tersebut berhasil mengeluarkan output yang benar untuk semua kemungkinan input.

Tahap Pengebangan Algoritma 










 
 Penyajian Algoritma 
1. Teknik Tulisan ( Pseudocode )
     Pseude berarti imitasi dan code berarti code yang dihubungkan dengan instruksi yang ditulis dalam bahasa komputer ( kode bahasa pemrograman ). Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebernarnya seperti pascal atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada program.
Contoh :


                            Algoritma
                                   Pseudocode
Masukkan Panjang
Input Panjang
Masukkan Luas
Input Lebar
Nilai luas adalah panjang X lebar
Luas <-Panjang X Lebar
Tampilkan luas
Print Luas


2. Teknik Gambar ( Flowchart )
     Flowchart merupakan gambar atau bagian yang memerintahkan urutan dan hubungan antara proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol.
Contoh :




You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon